Khasiat Buah Mengkudu Yang Perlu Diketahui???

Pernahkan sahabat ???meminum jus mengkudu,jujur saja kalau saya belum pernah minum, mencium aroma dari buah mengkudu aja, gak kebayang bakalan gemana nantinya,tapi kalau orang tua khusus nya“IBU”pernah buat menjadi jus, kata sich”berkhasiat untuk mengobati penyakit darah tinggi.
www.seputarpertanian.com
Oke sahabat,menarik kita simak dan pahami apakah benar,buah mengkudu bisa mengobati penyakit darah tinggi alis “Hipertensi” dan penyakit apa saja bisa secara tidak langsung tersembuhkan karena kandungan senyawa baik yang terdapat pada buah tersebut. Saya merangkumnya dari berbagai tulisan dan karya ilmiah tanaman mengkudu, sehingga sahabat bisa memahami,sebagai bahan ilmu pengetahuan.

Buah Mengkudu merupakan jenis tanaman Tropis yang tergolong famili Rubiaceae atau masih kerabat dekat dengan tanaman kopi,berpusat di Polinesia, India dan Cina dan menyebar dikawasan Asia Tenggara termaksud Indonesia.
Buah Mengkudu.
KHASIAT BUAH MENGKUDU UNTUK KESEHATAN.

Menurunkan Tekanan Darah.
  • Buah mengkudu mengandung sejenis fitonutrien berupa senyawa Scopoletin yang berfungsi untuk memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan,hal ini menyebabkan jantung tidak bekerja terlalu keras untuk memompokan darah,sehingga tekan an darah menjadi normal.

Anti Bakteri.
  • Buah mengkudu mengandung zat senyawa Antraquinon yang telah terbukti ampuh untuk melawan golongan bakteri penyebab infeksi didalam tubuh dan proses metabolisme seperti;Proteus morganii, Bacillus subtilis,Escherichia coli dan Pseudonzonas aeruginosa.

Mencegah Radikal Bebas.
  • Buah mengkudu mengandung sumber vitamin C yang terdapat dalam senyawa Asam askorbat yang berfungsi sebagai Antioksidan untuk menetralisir partikel-partikel berbahaya yang masuk melalui tubuh baik dari proses makan dan minum  dan polusi udara.

Meningkatkan Energi Tubuh.
  • Buah mengkudu mengandung sejumlah nutrisi baik untuk tubuh seperti; karbohidrat, protein,vitamin dan mineral yang berfungsi untuk meningkatkan energi tubuh untuk beraktiiftas tidak mudah lelah,tidak mudah terserang penyakit dan virus berbahaya.

Mencegah Penyakit Kanker.
  • Penelitian di Negara Jepang membuktikan senyawa Damnacanthal yang terdapat dalam ekstarak buah mengkudu terbukti efektif untuk melawan sel-sel kanker dan merangsang pertumbuhan struktur pertahanan dalam tubuh.

Mengaktifkan Fungsi Protein.
  • Kandungan senyawa Xeronine dan Proxeronine yang terdapat pada buah mengkudu berperan aktif untuk mengaktifkan enzim-enzim yang mengatur fungsi protein di dalam sel,sehingga fungsi protein tersebut tidak abnormal yang akan membahayakan kesehatan manusia.

Mengatasi Alergi.
  • Kandungan senyawa Antrakuinon dan Skopeletin berfungsi untuk mengaktifkan enzim –enzim untuk mengatasi alergi dalam tubuh.

Mencegah Kerusakan Jantung.
  • Adanya senyawa Xeronine yang jumlah terbatas di dalam buah mengkudu efektif untuk membunuh bakteri Staphylococcus yang menginfeksi organ jantung sehingga menimbulkan kerusakan fungsi jantung.




Semoga Bermanfaat dan Berguna.
Salam Pertanian.


0 Response to "Khasiat Buah Mengkudu Yang Perlu Diketahui???"

Post a Comment