7 Jenis Varietas Unggulan Kacang Tanah (Arachis hypogeae L).

Tanaman kacang tanah memiliki nama latin Arashis hypogeae L,tergolong kedalam kerabat polong-polongan (fabaceae ) dan tanaman ini berasal dari Negara Brazillia, Amerika Selatan, dan di Indonesia kacang tanah  merupakan tanaman terpenting ke-dua (2) dalam jenis-jenis kacang-kacangan setelah kedelai dengan sistem morfologi perakaraan tunggang dan berbintil (nodul), batang berukuran pendek, berbuku dan tunggal, bentuk  daun majemuk dan memiliki polong yang tumbuh didalam tanah.
www.seputarpertanian.com
Sejarah mencatat masuk tanaman kacang tanah ke Indonesia diperkirakan terjadi di abad ke-17 melalui pintu perdagangan Asia, awal nya peyebaran kacang tanah di Indonesia berpusat di Pulau jawa, Sumatera utara, Sulawesi dengan berkembang dan meningkatnya industri olahan kacang tanah menimbulkan amino atau gairah pemulian dan pembudidayaan yang menghasilkan jenis varian varietas unggulan yang telah menyebar di seluruh Indonesia. Pemanfaatan kacang tanah terdapat pada biji dengan kandungan sumber protein nabati, lemak, zat besi, vitamin E, vitamin B, vitamin A, vitamin K, lesitin, kolin, kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Terdapat Varietas Unggulan Tanaman Kacang Tanah dan Banyak dibudidayakan khusus nya di Indonesia antara Lain:
  1. Varietas Gajah. Jenis varietas gajah berasal dari keturunan persilangan indukan jenis Schwarz-21 dan Spanish 18-38 bertempat dibalai Pemulian Penyelidikan Teknik Pertanian Bogor. Ciri dari varietas ini memiliki; warna batang hijau,warna bunga kuning,warna biji merah muda,umur 30 hari untuk berbunga,dan 100 hari siap panen. Keunggulan varietas ini;tahan terhadap penyakit layu dan produktifitas hasil rata-rata 1,2-1,8 ton/hektar. Kelemahan rentan penyakit karat dan bercak daun.
  2. Varietas Kidang. Jenis varietas kidang berasal dari keturunan persilangan indukan jenis Schwarz-21 dan Small Japan  bertempat dibalai Pemulian Penyelidikan Teknik Pertanian Bogor. Ciri dari varietas ini memiliki; warna batang hijau,warna bunga kuning,warna biji merah ,umur 30 hari untuk berbunga,dan 100 hari siap panen. Keunggula varietas ini;tahan terhadap penyakit layu dan produktifitas hasil rata-rata 1,4-1,8 ton/hektar. Kelemahan rentan penyakit karat dan bercak daun.
  3. Varietas Macan. Jenis varietas macan berasal dari keturunan indukan jenis Schwarz-21 dan Spanish 18-38 bertempat dibalai Pemulian Penyelidikan Teknik Pertanian Bogor. Ciri dari Varietas ini memiliki; warna batang hijau,warna bunga kuning,warna biji merah muda,umur 30 hari untuk berbunga,dan 110 hari siap panen. Keunggulan varietas ini tahan terhadap penyakit layu dan mampu berproduktifitas hasil rata-rata 1,5-1,8 ton/hektar. Kelemahan rentan penyakit karat dan bercak daun.
  4. Varietas Biawak. Jenis varietas biawak berasal introduksi Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Institut Penelitian Padi Internasional (IRRI) berpusat di Filipina. Ciri dari varietas ini memiliki; warna batang hijau,warna bunga kuning,warna biji merah,umur 28 hari untuk berbunga,dan 80-90 hari siap panen. Keunggulan varietas ini; tahan terhadap penyakit layu dan Cercospora sp (bercak daun)produktifitas hasil rata-rata 1,14-3,37 ton/hektar dan cocok untuk lahan kering dan lahan tadah hujan. Kelemahan rentan penyakit PSTV (Peanut Stripe Virus) atau penyakit belang pada tanaman kacang tanah.
  5. Varietas Jerapah. Jenis varietas jerpah ini merupakan hasil persilangan tunggal varietas lokal Majelengka dengan ICGV 86021. Ciri dari varietas ini memiliki;warna batang ungu ,warna bunga kuning,warna biji merah muda, umur 28- 31 hari untuk berbunga,dan 90-95 hari siap panen. Keunggulan varietas ini; memiliki tingkat adaptasi tinggi,tahan terhadap penyakit layu, penyakit karat, penyakit bercak daun,mampu berproduktifitas hasil rata-rata 1,0-4,0 ton/hektar dan toleran terhadap lahan masam dan kekeringan. Kelemahan rentan penyakit Aspergilus flavus (penyakit kuning).
  6. Varietas Kancil. Jenis varietas kancil berasal introduksi The International Crops Research Institut for Semi-Arid Tropics (ICRISAT) di India dan di rawat dan diperbanyak di Balitkabi, Indonesia.Ciri dari varietas ini memiliki;warna batang hijau keunguan,warna bunga kuning,warna biji merah muda, umur26- 28 hari untuk berbunga,dan 90-95 hari siap panen. Keunggulan varietas ini; tahan terhadap penyakit karat, penyakit bercak daun dan toleran terhadap klorosis,mampu berproduktifitas hasil rata-rata 1,3-2,4 ton/hektar. Kelemahan rentan penyakit Aspergilus flavus (penyakit kuning).
  7. Varietas Turangga. Jenis varietas turangga berasal introduksi The International Crops Research Institut for Semi-Arid Tropics (ICRISAT) di India dan di rawat dan diperbanyak di Balitkabi, Indonesia. Ciri dari varietas ini memiliki;warna batang keunguan,warna bunga kuning,warna biji merah muda, umur 28- 31 hari untuk berbunga,dan 100-110 hari siap panen. Keunggulan varietas ini; tahan terhadap penyakit layu, penyakit karat,mampu berproduktifitas hasil rata-rata 1,4-3,6 ton/hektar dan toleran naungan dan kekeringan. Kelemahan rentan penyakit flavus dan penyakit bercak daun.

www.seputarpertanian.com
Semoga Bermanfaat dan Berguna.
salam pertanian.
www.seputarpertanian.com

0 Response to "7 Jenis Varietas Unggulan Kacang Tanah (Arachis hypogeae L). "

Post a Comment