Jenis-Jenis Tanaman Gandum (Triticum spp) Berdasarkan Bentuk dan Tekstur Biji

Tanaman Gandum memiliki naman ilmiah Triticum spp merupakan kerabat dekat jenis rumput-rumputan (Poaceae) dan tergolong  jenis-jenis tanaman pangan  golongan biji-bijian (Serealia),memiliki klasifikasi morfologi berakar serabut,berbatang tegak,beruas dan berongga,berbunga majemuk,sistem penyerbukan sendiri (Self polination) dan tanaman ini memerlukan cukup air dan tahan terhadap kekeringan mampu tumbuh subur di iklim Sub-tropis terutama di dataran tinggi (≥ 1000 mdpl).
Sejarah mencatat bahwa tanaman gandum berasal dari sekitar Laut Merah dan Laut Mediterania  tepat didaerah Turki, Siria, Irak, Iran, Mesir dan Cina, sejarah cina mencatat terdapat tulisan kuno yang menjelaskan bahwa tanaman gandum telah ada di Cina pada 2.700 sebelum masehi (SM).
www.seputarpertanian.com
Pada tahun 2012 negara Indonesia tercatat sebagai negara kedua setelah negara Mesir yang mengimpor gandum yang diprediksi menembus angka 7,1 juta ton berdasarkan laporan United State Department of Agriculture (USDA), rata-rata impor gandum pertahun 4 juta ton dengan negara tujuan Amerika Serikat, Kanada dan Australia.
Tanaman gandum kaya akan nutrisi tinggi seperti;Serat Pangan,Protein,Vitamin B1, B2, B3, B6, Asam Folat, Magnesium, Tembaga,Fosfor,Seng,Mangan ,Selenium,Vitamin E,Zat Besi ,Lemak Essensial dan tidak mengandung kolesterol. Dewasa ini pemanfaatan gandum ditelah merambah di industri makanan pokok dan pakan ternak.

Berdasarkan bentuk biji dan tekstur tanaaman gandum dapat dibedakan menjadi tiga (3) antara lain:
  • Triticum aestivum (Hard wheat). Jenis gandum ini lebih populer dan paling banyak dibudidayakan di dunia dalam menciptakan bahan produk roti yang lezat dan nikmat,karena kandungan protein yang tinggi dibandingkan jenis gandum lain.jenis gandum ini memiliki ciri-ciri dengan kulit luar yang berwarna coklat, berbiji keras dan mempunyai daya serap air tinggi.
    Triticum aerstivum (hard wheat).
  • Triticum compactum (Soft wheat).Jenis gandum ini lebih populer pemanfaatanya untuk pembuatan biskuit, jenis gandum ini memiliki nilai kandungan protein dan jenis gandum ini memiliki ciri-ciri kulit luar berwarna putih dan merah,berbiji lunak dan mempunyai daya serap air rendah.
    Triticum compactum (Soft wheat).
  • Triticum durum (Durun wheat).Jenis gandum ini lebih populer pemanfaatnya untuk pembuatan produk pasta seperti; spageti dan makaroni dll. Jenis gandum ini memiliki warna dominan kuning dengan ciri-ciri kulit luar berwarna kuning,berbiji keras dan mempunyai daya serap air rendah.
    Triticum durum (Durun wheat).
Semoga bermanfaat dan berguna.
salam pertanian.
www.seputarpertanian.com

0 Response to "Jenis-Jenis Tanaman Gandum (Triticum spp) Berdasarkan Bentuk dan Tekstur Biji"

Post a Comment