Sejuta Khasiat Kulit Buah Manggis Yang Perlu Diketahui?

Buah Manggis memiliki nama ilmiah Garcinia mangostana.L tanaman ini berasal dari daerah  Asia Tenggara meliputi:Indonesia,Malaysia,Thailand dan Myanmar. Buah manggis terkenal di dunia sebagai Queen of Fruit”ratunya buah kerena keistimewaan dan manfaat yang baik bagi kesehatan.
Buah manggis merupakan jenis buah musiman yang tumbuh di daerah Tropis yang memiliki penamaan yang berbeda-beda di wilayah nusantara Indonesia seperti;Manggus (Lampung), Manggista (Sumatera barat), Manggu (Jawa Barat) dan Manggusto (Sulawesi Utara).
www.seputarpertanian.com
Buah Manggis mengandung gizi dan senyawa kimia baik seperti; Mineral, Protein, Karbohidrat, Serat, Kalsium, Fosfor, Besi, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B1,B2 dan B5,Antioksidan, Antibakteri, Antiinflamasi, Antikarsinogen dan Antiproliferasi.
www.seputarpertanian.com
Kulit Manggis mengandung sumber nutrisi seperti: Karbohidrat, Abu, Air, Gula, Mangan,Tembaga, Magnesium, Protein, Lemak dan Lipid dengan kandungan kimia seperti; Xantone, Garsinon, Flavonoid, Saponin,Pektin,Rosin dan Tanin.
www.seputarpertanian.com
Di indonesia sendiri pemanfaatan kulit manggis terbilang sangat rendah karena kurang media informasi, sehingga menyebabkan tidak tahuan masyarakat mengenai “kandungan senyawa kimia apa saja???”, yang terdapat di dalam kulit manggis tersebut. Rasa Pahit dan Sepat karena kandungan getah yang terdapat di dalam kulit manggis menjadi dasar kecenderungan pengkonsumsi buah manggis membuang kulit manggis.
"Dewasa ini telah banyak industri kesehatan dan farmasi mulai mengembangkan manfaat dan khasiat buah manggis menjadi produk olahan yang bisa dikonsumsi berbentuk tablet dan pil secara praktis,tanpa mengubah kandung senyawa kimia alami yang terdapat dalam kulit manggis tersebut sehingga aman untuk dikonsumsi.

KHASIAT KULIT BUAH MANGGIS UNTUK KESEHATAN.

Menangkal Radikal Bebas.
  • Kulit Manggis mengandung sumber Antioksidan dan Sumber Nutrisi seperti; Mineral, Protein, Karbohidrat, Serat, Kalsium, Fosfor, Besi, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B1,B2 dan B5 yang berfungsi menangkal dan melindungi tubuh dari radikal bebas yang berasal dari dalam tubuh dan polusi di udara yang berbahaya bagi kesehatan.

Anti Peradangan
  • Kulit manggis mengandung turunan kimia dari senyawa Xantone berupa Gamma-mangostin yang berfungsi mencegah dan mengobati penyakit peradangan (antiflimasi) sehingga penyakit seperti; Alzheimer dan Arthritis mampu dicegah sejak dini.

Mengobati Penyakit Tuberculosis (TBC).
  • Kulit manggis mengandung antibakteri dan sumber Antioksidan tinggi berupa senyawa Xantone yang terbukti efektif menetralisir bakteri penyebab penyakit Tuberculosis (TBC).

Menghambat Penyakit Tumor.
  • Kulit manggis mengandung sanyawa Tanin yang berfungsi menghambat dan mencegah penyakit tumor didalam tubuh,sebagai akibat polusi lingkungan dan faktor makan.

Mencegah Penyakit Diabetes.
  • Kandungan senyawa Antosianin yang terdapat di kulit manggis menjadi berkemampuan seperti Antioksidan yang membantu mengatur jumlah kadar gula dalam tubuh. Senyawa antosianin banyak ditemukan juga dibuah-buah seperti;stroberry, rasberry dan apel.

Mengurangi Tekanan Darah Tinggi.
  • Kandungan senyawa Xantone terdapat dalam kulit manggis berfungsi sebagai Antimikrobia dan Antiperadangan secara aktif mengurangi tekanan  darah tinggi menjadi normal.

Mengobati Penyakit Jantung Koroner.
  • Penyakit jantung koroner timbul diakibatkan oleh penumpukan zat lemak Trigliserida dan kolesterol pada dinding nadi dibagian belakang,mengakibatkan tersumbatnya aliran darah berupa oksigen masuk ke jantung. Kandungan senyawa Flavonoid dan Xantone mampu menyerap dan mencegah timbulnya zat lemak pada dinding nadi.

Mencegah Penyakit Kanker Payudara.
  • Penyakit kanker payudara merupakan momok yang paling menakutkan untuk sebagian kalangan wanita karena penyakit ini merupakan penyakit berbahaya dan berakibat kematian,kandungan kulit manggis tinggi akan sumber Antioksidan dan Vitamin C,berfungsi menghambat pertumbuhan mutasi sel kanker agar stabil di dalam tubuh.

Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat.
  • Kulit mengandung senyawa  derivasi Xantone berupa Alfamangostin yang berperan aktif mengaktifkan enzim Lipoprotein lipase untuk menghidrolisis LDL (Low Density Lipoprotein) menjadi asam lemak dan gliserol.

Mencegah Penuan Dini.
  • Buah manggis terkenal sebagai ratu segala buah (Queen of Fruit) karena kandungan nutrisi yang tinggi seperti; Besi, Serat, Kalsium, Vitamin C, Kalium, Vitamin B2, Protein,Tannin, Fosforus, Natrium, Vitamin B1, Niasin, berfungsi sebagai Antoksidan untuk mencegah rusaknya jaringan kolagen kulit akibat radikal bebas.  



Semoga Bermanfaat dan Berguna.
Salam Pertanian.




0 Response to "Sejuta Khasiat Kulit Buah Manggis Yang Perlu Diketahui?"

Post a Comment