Khasiat Markisa Kuning (Passiflora flavicara)Yang Perlu Diketahui?

Tanaman Markisa merupakan tanaman berbentuk semak dengan sifat merambat atau menjalar dari family Passifloraceae yang memiliki penamaan ilmiah Passiflora edulis tumbuh di daerah Tropis dan Subtropis yang berasal dari negara Amerika Selatan. Di Indonesia terdapat tiga (3) jenis varietas yang banyak dibudidayakan  antara lain; markisa ungu,markisa merah dan markisa kuning. Pemanfaatan buah markisa dominan dijadikan sebagai olahan produk minuman berupa sirup kemasan (sari markisa).
www.seputarpertanian.com
Tapi Tahukan Sahabat???.Tidak banyak mengetahui,dibalik rasa asam dan manis terkandungan nutrisi dan senyawa kimia baik yang bermanfaat untuk kesehatan. Markisa kuning terbilang jenis varietas yang paling banyak disukai dan ditanam sebagai tanaman pekarangan di Indonesia rasa asam segar menjadikan buah ini sangat pas bila dijadikan jus dan sirup untuk dikonsumsi.

Markisa Kuning memiliki nama ilmiah Passiflora Flavicara yang mempunyai karakteristik morfologi bentuk daun menjari dengan ukuran daun lebih besar dengan tangkai daun berwarna hijau, batang berwarna kecoklatan dengan panjang 7-10 cm dan buah muda berwarna hijau sedangkan warna buah masak berwarna kuning muda.
Buah Markisa Kuning.
KHASIAT MARKISA KUNING (Passiflora flavicara).

Mencegah Radikal Bebas.
  • Senyawa Folifenol yang berfungsi sebagai antioksidan alami yang melindungi tubuh dari radikal bebas (bahan berbahaya bagi tubuh).

Membunuh Sel Kanker.
  • Buah markisa kuning mengandung Fitokimia berupa senyawa kimia seperti; karotenoid dan polifenol yang berperan aktif membunuh sel-sel kanker in vitro didalam tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah.
  • Duan markisa kuning mengandung senyawa Alkaloid berupa horman yang berperan aktif menurun tekanan darah dalam tubuh sehingga tetap stabil,cocok untuk penderita penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi).

Mengurangi Tingkat Kegelisahan.
  • Kandungan penggunaan Glycoside passoflorine yang terdapat di bunga markisa berperan aktif sebagai obat penenang (saditive) dan mengurangi tingkat kegelisahan.

Mengobati Penyakit Asma.
  • Rasa asam pada markisa kuning terkandung senyawa Fitokimia seperti; passiflore, harmin, hormon,harmalin,carotenoid,vitexin,isovitexin dan chrysin secara aktif mampu mengobati penyakit asma.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.
  • Kandungan senyawa kimia aktif Folifenol dan kandungan nutrisi lengkap berperan aktif meningkatkan imunitas (sistem kekebalan tubuh) agar tidak mudah sakit.

Mengobati Penyakit Kanker Lambung.
  • Kandungan ekstrak jus markisa secara klinis mengandung zat stimulan yang membantu proses metabolisme termasuk sistem pencernaan dan berperan aktif membunuh sel-sel kanker dan membentengi sistem pencernaan terutama di dalam lambung.


Tanaman Markisa Kuning.

Semoga Bermanfaat dan Berguna.
Salam Pertanian.


0 Response to "Khasiat Markisa Kuning (Passiflora flavicara)Yang Perlu Diketahui?"

Post a Comment