Khasiat Tanaman Singkong (Manihot esculenta)Yang Perlu Diketahui?

Sahabat mungkin, “tidak asing mendengar lirik lagu “Ku Suka Singkong, Kau Suka Keju ” lagu yang diciptakan Koes Plus Bersaudara yang cukup familiar di teliga pencipta musik Indonesia. Lagu ini menceritakan perbedaan dalam hal perekonomian antara Si kaya dan Si miskin, tanaman singkong selalu dikaitkan dengan makan orang desa yang proses pembuatannya tidak mengunakan teknologi modern tidak seperti keju.
www.seputarpertanian.com
Tapi tahukah sahabat ?Tanaman Singkong sangat lekat dan identik dengan makan orang desa ternyata menyimpan khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan,Menarik untuk kita pahami kandungan dan sumber nutrisi apa saja yang terkandung didalam tanaman singkong,saya merangkum dari berbagai tulisan dan kajian ilmiah kemudian merangkumnya menjadi bahan bacaan yang mudah dipahami.

Tanaman Singkong.
Merupakan merupakan jenis tanaman pangan dari golongan umbi-umbian seperti: (ubi jalar,talas dan kentang) yang tumbuh baik di daerah Tropis dan berasal dari Amerika (Brazil dan Paraguay)dengan penamaan ilmiah Manihot esculenta. Di Indonesia tanaman singkong menempati urutan tiga (3) sebagai makan pokok sumber karbohidrat tertinggi setelah padi dan jagung.
Umbi Singkong.
Dewasa ini dengan kemajuan teknologi dan perkembang informasi tanaman singkong banyak dimanfaat sebagai produk olahan yang bernilai ekonomis tinggi,seperti: bahan baku tepung tapioka,pembuatan kripik singkong,krupuk singkong,nasi rasi,aneka kue,gethuk,tape dan bioentanol.

Di Indoensia tanaman singkong atau ubi kayu banyak di budidayakan terdapat dua(2)  jenis singkong yang cukup familiar yaitu: jenis singkong racun (singkong kasesa (UJ-5), singkong thailand (UJ-4) dan singkong mangu) dan singkong pangan(jenis varietas Valenca, Mangi, Betawi, Bogor, SPP, Muara, Mentega,Andira 1 & 2,Malang 1 &2 dan Gading). Kandungan gizi tanaman singkong untuk per 100 gram antara lain: Kalori (121 kal),Air (62,50 g),Fosfor (40,00 g),Kalsium(33,00 mg),Protein (1,20 mg),Besi(0,70 mg),Lemak (0,30 mg) dan Vitamin A,B1(0,01 mg).

KHASIAT SINGKONG UNTUK KESEHATAN.

Menjaga Kesehatan Kulit.
  • Singkong mengandung Vitamin A berupa beta karoten yang terdapat pada warna kuning singkong berperan aktif untuk menjaga kerusakan jaringan kulit dan memperbaiki jaringan kologen untuk menyehatkan kulit sehingga tampak bersih,lembab dan sehat.
Menjaga Kesehatan Indra Penglihatan.
  • Vitamin A yang berbentuk beta karoten yang terdapat dalam singkong berfungsi membantu senyawa retinol yang mambantu menyalurkan objek yang diterima ke retina mata dan otak menjadi sebuah gambar.
Menghambat Radikal Bebas.
  • Vitamin A dan Antioksidan yang terdapat dalam singkong berperan aktif menjadi penyaring (filter) menangkal radikal bebas,baik berasal dari oksidasi tubuh maupun polusi di lingkungan.
Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh (Sistem Imun).
  • Sebuah singkong berukuran sedang mampu mencukupi ketersedian 200 % kebutuhan harian akan vitamin A,yang secara tidak langsung berperan melindungi dan menjaga sistem kekebalan tubuh terhindar dari radikal bebas,virus,bakteri,jamur dan patogen yang sangat berbahaya bagi kesehatan.
Melancarkan Sistem Pencernaan.
  • Kandungan Vitamin A berupa beta karoten bersifat Antioksidan yang berperan aktif menstabilkan sistem kerja lambung dan menangkal masuk jenis-jenis bahan berbahaya yang akan masuk ke lambung, sehingga membuat metabolisme percernaan lancar untuk menghasilkan energi dan aktivitas sehari-hari.
Program Diet.
  • Singkong merupakan tanaman mengandung 112 kalori,bebas lemak dan bebas kolesterol mengeyangkan, sehingga singkong direkkomendasikan untuk, mereka yang ada masalah dengan berat badan karena rasa manis yang dihasilkan singkong berasal dari manis yang alami.
Meringankan Penyakit Radang Perut.
  • Sumber nutrisi seperti kalsium,potasium dan vitamin A dan B. Berperan aktif untuk mencegah sembelit dan membantu meringankan radang perut dan masalah perut lainnya.


Semoga Bermanfaat dan Berguna.
Salam Pertanian.


0 Response to "Khasiat Tanaman Singkong (Manihot esculenta)Yang Perlu Diketahui?"

Post a Comment