Khasiat Belimbing Wuluh Yang Perlu Diketahui?

Belimbing Wuluh.
Tentu sahabat cukup familiar dengan tanaman yang satu ini,tanaman ini banyak dibudidayakan atau ditanam sebagai tanaman pekarangan rumah,pastinya sahabat tidak sulit mencari jenis tanaman yang satu ini.
Belimbing Wuluh begitu orang kebanyakan masyarakat menyebut tanaman yang satu ini,rasa masam namun segar cocok untuk sahabat yang hobi merujak dan umumnya tanaman ini sering digunakan para ibu dirumah sebagai penguat rasa menambah rasa asam pada makanan.
www.seputarpertanian.com
Tapi apakah sahabat mengetahui??? bahwa keseluruh tanaman belimbing wuluh mulai dari buah,daun dan batang mempunyai senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan,tentu menarik disimak’saya merangkum dari berbagai sumber bacaan dan menjadikan ringkasan bacaan yang mudah bagi sahabat untuk dipahami.

Belimbing wuluh memiliki nama ilmiah Averrhoa bilimbi Linn merupakan tanaman asli didaerah Tropis di daratan malaya Indoensia. Tanaman ini tumbuh subur diketinggian kurang dari 500 dpl dan selalu berbuah disepanjang tahun.
Belimbing Wuluh.

KLASIFIKASI BELIMBING WULUH.
  • Kingdom         : Plantae (tumbuhan)
  • Superdivisio    : Spermatophyta (menghasilkan biji)
  • Divisio             : Magnoliophyta (berbunga)
  • Sub-kelas         : Rosidae
  • Ordo                : Geraniales
  • Famili              : Oxalidaceae (suku belimbing-belimbingan)
  • Genus              : Averrhoa
  • Spesies            : Averrhoa bilimbi L.
KANDUNGAN SENYAWA BELIMBING WULUH BAGI KESEHATAN.

Ekstrak Buah belimbing wuluh mengandung senyawa seperti ; Pektin,Vitamin C,Flavonoid dan Terpenoid.
  • Senyawa Pektin dan Vitamin C pada ekstarak buah belimbing wuluh bermanfaat sebagai Obat Batuk,Menghilangkan Rasa Sakit dan Nyeri,Memperbanyak Pengeluran Empedu,Anti Radang,Peluruh Buah Air Kecil dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.
  • Senyawa Flavonoid dan Terpenoid pada ekstarak buah belimbing wuluh bermanfaat sebagai antiimikrobia (antibakteri) efektif menghambat pertumbuhan Bakteri Staphylococcus aureus (S. aureus (S.Auereus) dan Escherichia coli (E.Coli).
Ekstarak Daun belimbing wuluh mengandung senyawa Flavonoid,Saponin,Tanin,Sulfur Asam,Kalsium Oksalat dan Kalium sitrat,namun dari sebagian senyawa tersebut hanya senyawa Tanin yang berfungsi sebagai Obat untuk Mengatasi Penyakit Saluran Pencernaan (Penyakit Diare). Dan Penyakit Kulit dan Menurunkan Kadar Gula Darah.

Ekstrak Batang belimbing wuluh mengandung senyawa Saponin  yang berfungsi menghambat pertumbuhan atimikrobia seperti bakteri Escherichia coli (E. Coli) pada konsentrasi 300 mg/ml yang berfungsi untuk melindungi kesehatan sistem pencernaan.
Tanaman Belimbung Wuluh.


Semoga Bermanfaat dan Berguna.
Salam Pertanian.


0 Response to "Khasiat Belimbing Wuluh Yang Perlu Diketahui?"

Post a Comment