Jenis Tanaman Talas Bernilai Ekonomis Tinggi.

Talas adalah merupakan tanaman pangan jenis umbi-umbian dari suku Araceae (talas-talasan) memiliki nama ilmiah Colocasia esculenta Linn yang berasal dari Asia Tenggara dengan klasifikasi morfologi berbatang tegak,semu silindris,daun berjenis tunggal dengan tepi rata berbentuk meruncing,makkota bunga bentuk lonjong dan warna putih. Di beberapa negara talas sendiri memiliki nama yang berbeda-berbeda,seperti : Keladi (Malaya),Abalong (Philipina),Arvi (India),Satoimo (Japan),Yutao (China),Tayoba(Spanyol)dan Taioba(Brazil).
www.seputarpertanian.com
Tanaman talas atau keladi di Indonesia dimanfaatkan sebagai tanaman pokok dan makan tambahan. Bagian dari tanaman talas seperti; umbi,pelepah dan daun talas itu dimanfaatkan sebagai olahan bahan makanan,pakan ternak,pakan ikan dan pembungkus makanan yang mengandung nilai karbohidrat tinggi,protein,lemak dan vitamin.
Tanaman talas dewasa ini mulai dimanfaatkan sebagai olahan makanan yang bernilai ekonomis tinggi untuk diolah sebagai menu makanan(sayur)dan cemilian ringan (kripik). Pastinya tanaman talas bila ditekuni ini menjadi bisnis yang sangat menjanjikan untuk  menghasilkan income tambahan.
Hasil Olahan Talas.
Tapi TAHUKAH? Sahabat, bahwa terdapat jenis-jenis talas yang bisa dikonsumsi dan banyak dibudidayakan karena bernilai ekonomis tinggi.

JENIS-JENIS TALAS BERNILAI EKONOMIS TINGGI.
TALAS SUTERA.
Talas Sutera mempunyai ciri daun berwarna hijau muda dan miliki bulu halus yang apabila disentuh miliki kesamaan dengan tekstur kain sutera. Umbi yang dihasilkan berwarna kecoklatan dengan ukuran sedang atau tidak terlalu besar dan umumnya dipanen pada umur 5-6 bulan.
Talas Sutera.
TALAS BENTUL.
Talas Bentul mempunyai ciri batang berwarna keunguan dibandingkan dengan jenis talas lainnya. Umbi yang dihasilkan berwarna muda kekuningan dengan ukuran yang lebih besar dan umumnya dipanen pada umur 8-10 bulan.
Talas Bentul.
TALAS KETAN.
Talas Ketan mempunyai ciri daun berwarna hijau tua sedikit keungguan dan jenis talas ini akan lengket apabila selesai direbus memiliki ukuran sedang atau tidak terlalu besar dan umumnya dipanen pada umur 6-7 bulan.
Talas Ketan.

Semoga Bermanfaat dan Berguna.
Salam Pertanian.


 BACK

0 Response to "Jenis Tanaman Talas Bernilai Ekonomis Tinggi."

Post a Comment