Jenis Pengolahan Biji Kopi Ciptakan Kualitas dan Karakter Produk Kopi Terbaik.

Pengolahan biji kopi merupakan rangkaian kegiatan sesudah panen kopi (pasca panen) atau selesai petik buah kopi. Pada tahapan pengolahan ini sangat menentukan untuk menciptakan produk kopi berkualitas, memiliki karakter rasa kopi yang kuat dengan cita rasa aroma terbaik dan sangat aman untuk dikonsumsi.
www.seputarpertanian.com
Jenis pengolahan biji kopi dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu; pengolahan basah (wet processing) dan pengolahan kering (dry processing) untuk jenis kopi baik arabika dan robusta.
Terdapat keunggulan dari pengolahan basah dan kering salah satunya antara lain;buah kopi berasal dari buah kopi telah masak (matang fisiologis) melalui tahapan pemilihan buah merah saat panen, menyeleksi(sortasi) material atau bahan yang bukan kopi yang dapat mempengaruhi mutu kopi (seperti; ranting, daun, batu dan tanah), menguatkan karakter kopi melalui tahapan fermentasi, menciptakan kopi kering (kadar air 13-14 % standart eksport) sehingga memudahkan dan aman (terbebas dari jamur) untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama.

PENGOLAHAN KERING.
Proses pengolahan buah kopi menjadi biji kopi kering (green bean) mengunakan peralatan atau alat yang cukup sederhana dan waktu yang dibutuhkan pada olah kopi kering sekitar 3-5 hari lamanya tergantung pada; banyak buah kopi dipanen, kapasitas lantai jemur dan tenaga pembantu disaat pengolahan kering.
Pengolahan Kering.

TAHAPAN PENGOLAHAN KERING:

Penyeleksian Buah Kopi (Sortasi).
  • Bertujuan memisahkan buah kopi rusak,buah belum matang,buah terlalu matang dan sekaligus menghilangkan material bahan bukan kopi seperti; daun dan ranting telah kering, batu dan tanah. Kegiatan sortasi dilakukan secara manual dengan tangan.
Penjemuran Buah Kopi (Drying).
  • Bertujuan mendapat biji kopi kering, memudahkan proses pengupasan buah,dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama dan terhindar dari jamur dan bakteri yang menyebabkan biji kopi rusak. Kegiatan pengeriangan dapat dilakukan secara alami (dibawah sinar matahari) beralaskan tanah, terpal dan semen dan pengeringan secara buatan dengan mengunakan alat pengering(oven).
Pengupasan (Hulling).
  • Bertujuan menghasilkan biji kopi kering (green bean atau kopi beras) dengan cara mengunakan alat mesin pengupas (huller) untuk memisahkan biji kopi dari kulit buah, kulit ari dan kulit tanduk.

PENGOLAHAN  BASAH.
Proses pengolahan buah kopi menjadi biji kopi kering mengunakan alat yang spesifik yang hampir setiap rangkaian tahapan membutuhkan 70% penggunaan air.
Pengolahan Basah.
TAHAPAN PENGOLAHAN BASAH :

Penyeleksian Buah Kopi (Sortasi).
  • Bertujuan memisahkan buah kopi rusak,buah belum matang,buah terlalu matang dan sekaligus menghilangkan material bahan bukan kopi seperti;daun dan ranting telah kering,batu dan tanah. Kegiatan sortasi dilakukan dengan bak sortasi yang berisi air, kemudian diaduk, buah kopi baik akan tenggelam.
Pengupasan Kulit Buah (Pulping)
  • Bertujuan memisahkan biji kopi yang masih terselimuti kulit tanduk terpisah dengan kulit terluar buah. Pengupasan mengunakan mesin kupas (pulper).
Fermentasi.
  • Bertujuan menghilangkan getah dan lendir yang melekat pada kulit buah agar terhindar dari residu kontaminasi biji kopi, tahapan fermentasi berlangsung 1-2 hari lamanya tergantung pada ketebalan getah pada kulit buah dan jumlah banyak kopi. Kegiatan fermentasi menggunakan media bak atau wadah untuk fermentasi.
Pencucian.
  • Bertujuan menghilangkan atau membersihkan bekas getah atau lendir yang masih terdapat pada tahapan fermentasi. Proses pencucian akan menambah konsentrasi kadar air bertambah sekitar 50-57 %.
Penjemuran.
  • Bertujuan mendapatkan biji kopi kering dengan kadar air 13-14 %,yang dapat dilakukan dengan secara alami (dibawah sinar matahari) beralaskan terpal dan semen dan pengeringan secara buatan dengan mengunakan alat pengering(oven).
Pengupasan(Hulling).
  • Bertujuan untuk menghasilkan biji kopi kering (green bean)dengan cara mengunakan alat mesin pengupas (huller) untuk memisahkan biji kopi dari kulit buah, kulit ari dan kulit tanduk.



Semoga Bermanfaat dan Berguna.
Salam Pertanian.

2 Responses to "Jenis Pengolahan Biji Kopi Ciptakan Kualitas dan Karakter Produk Kopi Terbaik."