Buah Jernang (Buah Rotan)

Tanaman rotan jernang (Daemonorops sp) terdapat di Indonesia, Malaysia dan India. Potensi rotan jernang di Indonesia terbesar di Sumatera, Kalimantan dan Jawa. Di Sumatera, rotan jernang dapat dijumpai di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Riau dan Jambi. Sedang di Kalimantan, terdapat di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Dengan kata lain pohon rotan jernang pada umumnya masih terdapat dihutan alam dan hutang lindung. Sedang saat ini keberadaanya di Jawa sudah sulit ditemukan.
www.seputarpertanian.com
Klasifikasi dan Marfologi Tanaman
       Rotan termasuk tumbuhan hutan dari family Arecaceae. Klasifikasi rotan (Daemonorops sp) adalah sebagai berikut :
Kingdom                           : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom                      : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi                      : Spermatophyta (Menghasilkan Biji)
Divisi                                 : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas                                 : Liliopsida (berkeping satu/ monokotil)
Sub Kelas                          : Arecidae
Ordo                                  : Arecales
Famili                                : Arecaceae (suku pinang-pinangan)
Genus                                : Daemonorops
Spesies                              : Daemonorops didymophylla Becc, D. draco BL,
                                            D. draconcellus BECC
Dari 530 jenis rotan didunia, sebanyak 316 jenis terdapat dihutan Indonesia. Di wilayah hutan Sumatera terdapat 132 jenis, Jawa 29 jenis.
Rotan jernang (Daemonorops sp) biasanya tumbuh dengan membentuk rumpun, memanjat hingga ketinggian 30 m tergantung dari tinggi pohon yang menjadi inang/tempat merambat. Batang rotan jernang langsing dan fleksibel berdiameter 2-3 cm dipenuhi duri-duri kecil dan tajam. Daun rotan jernang berwarna hijau terdiri dari helaian anak daun yang tersusun berpasang-pasangan, permukaan bagian bawah daun sedikit cekung.
Rotan jernang mulai berbuah pada usia 2 tahun, akan tetapi baru menghasilkan getah jernang setelah berumur 5 tahun. Tanaman rotan jernang berbuah dua kali setahun, yaitu pada bulan April dan September. Buah rotan jernang seperti buah rotan pada umumnya, yaitu bulat kecil-kecil berkumpul seperti buah salak.
Buah rotan jernang menghasilkan resin/Getah Jernang yang berbentuk padat, mengkilat, bening atau kusam, rapuh dan mudah meleleh bila dipanaskan, mudah terbakar, mengeluarkan asap dan bau yang khas. Resin dari getah jernang termasuk dalam kelompok resin keras, berwarna merah, berbentuk amorf, berat jenis 1.18 – 1.20, titik cair sekitar 120oC, larut dalam alcohol eter, minyak lemak dan minyak atsiri. Sebagaian larut dalam kloroform, etil asetat, petroleum spiritus dan karbon disulfide.



Semoga Bermanfaat dan Berguna.
Salam pertanian.


BACK

1 Response to " Buah Jernang (Buah Rotan)"

  1. kami menjual buah, serbuk dan getah jernang, perminggu kami memproduksi getah jernang 20 kg dan serbuk jernang 50 kg. Bagi pembeli yang serius dan kontinyu kami siap menjalin kerjasama. hub. 081213193576
    yang serius bisa melakukan penawaran via email : spangat.ariyadi@yahoo.co.id

    ReplyDelete