Karakteristik Bunga Kopi Robusta (Flowering Coffee Robusta)

Mungkin dari sebagian dari kita,baik itu penikmat dan maniak kopi,hanya mengetahui tanaman kopi yang selalu identik dengan buah,rasa dan aroma. Fase perkembangan buah kopi berasal dari karakteristik bunga yang bertahan hingga menjadi buah,menarik untuk mengetahui sepeti apa?.fase perubahan bunga menjadi buah.
Bunga kopi robusta berukuran kecil, mahkotanya berwarna putih dan berbau harum,kelopak bunga berwarna hijau, pangkalnya menutupi bakal buah terdapat dua bakal biji, benangsarinya terdiri dari 5-7 tangkai yang berukuran pendek. Bunga dewasa, kelopak dan mahkotanya akan membuka dan segera melakukan penyerbukan dan peristiwa ini sering disebut juga pertemuan tepung sari dan kepala putik. 
www.seputarpertanian.com.
Setelah terjadi penyerbukan bunga akan berkembang menjadi buah. Mula-mula mahkota bunga tampak mengering dan berguguran kemudian, kulit buah yang berwarna hijau makin lama makin membesar. bila sudah tua kulit ini akan berubah menguning dan akhirnya menjadi merah tua. waktu yang diperlukan sejak terbentuknya bunga hingga buah menjadi buah kopi membutuhkan waktu 6 sampai 11 bulan, hal ini tergantung dari jenis dan faktor-faktor lingkungannya.  kopi robusta 8-11 bulan.

Cara Penyerbukannya Tanaman Kopi:
  • Kopi self steril adalah jenis kopi yang tidak akan menghasilkan buah bila bunganya mengadakan penyerbukannya sendiri (tepung sari berasal dari jenis kopi yang sama). Kopi self steril ini baru menghasilkan buah bila bunganya menyerbuk silang.
  • Kopi self fertil adalah kopi yang mampu menghasilkan buah bila mengadakan penyerbukan sendiri sehingga tidak harus ditanam bersamaan dengan kopi jenis lainnya.
Siklus Pertumbuhan Bunga Menjadi Buah.
kuntum bunga.
bunga kopi mekar
buah kopi berwarna hijau.
buah kopi berwarna kuning.
buah kopi merah siap panen.


Semoga Bermanfaat dan Berguna.
Salam pertanian.


BACK


0 Response to "Karakteristik Bunga Kopi Robusta (Flowering Coffee Robusta)"

Post a Comment