Tahapan Dasar Persilangan Semangka Non-Biji (Seedless)

Semangka adalah tanaman memiliki nama ilmiah Citrullus lanatus, kerabat (famili) dekat dengan tanaman melon, labu, dan ketimun mampu hidup didaerah tropis dan subtropis memiliki ciri-ciri; pertumbuhan merambat, akar adventif (akar tumbuh tidak pada tempatnya), tepi daun berlekuk, bunganya sempurna dan berwarna kuning, memiliki kulit yang keras berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua dan dengan daging buahnya yang berair berwarna merah atau kuning.
Dewasa ini perkembangan teknologi dan informasi menjadikan budidaya semangka baik semangka berbiji dan non-biji mudah untuk dipelajari dan dipraktek secara langsung dilapangan. Budidaya semangka terbilang sulit karena tanaman ini membutuhkan perawatan ekstra lebih,sehingga menghasilkan buah semangka berkualitas. Buah cacat tidak mendapat perhatian konsumen dan pastinya harga jual pun rendah
Semangka tanpa biji (seedless) adalah merupakan semangka hibrida F-1 juga yang dasar prinsip penciptaan adalah, dengan meneteskan colrachicine, zat alkaloid yang di ekstrak dari tanaman bakung (genus Colchicum), pada tunas kecambah semangka biasa. Kecambah semangka biasa yang berkromosom 22 (semangka diploid = 2N), setelah tunas pucuknya ditetesi colchicine, akan bermutasi menjadi berkromosom 44 (semangka tetraploid = 4N).
Skema Persilangan.
Semangka tetraploid ini disilangkan dengan buah semangka diploid, hasilnya ada tiga jenis semangka, yakni 2N, 3N dan 4N. Semangka 3N (triploid) yang berkromosom 33, apabila ditamanam menghasilkan semangka tanpa biji (seedless). Meski untuk membentuk buah, semangka 3N ini harus diserbuki oleh semangka 2N. Jika suhu udara rendah kurang dari 290˚C,menyebabkan pertumbuhan kecambah melambat. Oleh karena itu, perkecambahan benih semangka triploid memerlukan suhu udara yang cukup tinggi agar perkecambahannya dapat terjamin. Daya kecambah rata-rata biji semangka triploid adalah antara 27,5 – 85 % dengan bentuk kotiledon yang lebih kecil daripada semangka diploid. Tanaman semangka triploid sebenarnya memiliki bunga jantan dan betina yang lengkap, tetapi bakal biji dan benang sarinya mandul, maka biji tidak akan terbentuk. Meskipun demikian, biji kosong yang berwarna putih atau coklat terkadang masih dijumpai. Terbentuknya biji kosong yang berwarna coklat biasanya disebabkan karena kelebihan dosis pemupukan unsur hara phospor (P205).

Penjabaran kata ilmiah didalam artikel:
  • Diploid ialah sebutan untuk sel atau individu yang memiliki sel dengan dua set genom.
  • Triploid ialah sebutan untuk sel atau individu yang memiliki sel dengan tiga set genom
  • Tetraploid  ialah sebutan untuk sel atau individu yang memiliki sel dengan empat set genom
  • Genom dalam genetika dan biologi molekular modern, adalah keseluruhan informasi genetik yang dimiliki suatu sel atau organisme.
  • Hidrida merupakan generasi hasil persilangan antara dua atau lebih populasi yang berbeda, baik fenotipe maupun genotipenya. Pengertian ini dapat mencakup generasi langsung (dekat) hasil persilangan, ataupun generasi lanjut hasil segregasi dari persilangan tersebut.
  • Colchicine adalah senyawa alkaloid yang dihasilkan dari ekstrak umbi dan akar tanaman.
  • Kromosom (bahasa Yunani: chroma, warna; dan soma, badan) merupakan struktur di dalam sel berupa deret panjang molekul yang terdiri dari satu molekul DNA dan berbagai protein terkait yang merupakan informasi genetik suatu organisme.
  • Mutasi adalah perubahan struktur materi genetis yang dapat direproduksi dan dapat diturunkan pada generasi berikutnya.
  • Kotiledon adalah bakal daun yang terbentuk pada embrio. Kotiledon merupakan organ cadangan makanan pada biji sekelompok tumbuhan, sekaligus organ fotosintetik pertama yang dimiliki oleh tumbuhan yang baru saja berkecambah. Walaupun bagi kecambah ia berfungsi seperti daun, kotiledon tidak memiliki anatomi yang lengkap seperti daun sejati.
  • Benang sari adalah bagian reproduksi jantan dari bunga. Benang sari menghasilkan serbuk sari dalam struktur seperti kantung yang disebut kepala sari.

Semoga Bermanfaat dan Berguna.
Salam Pertanian.

BACK


0 Response to "Tahapan Dasar Persilangan Semangka Non-Biji (Seedless)"

Post a Comment