Kopi Unik Khas Nusantara Indonesia

Indonesia sebagai Negara Kepulauan yang miliki tradisi dan budaya yang beragam miliki semboyan kesatuan "Bhenika Tunggal Ika (Berbeda-berbeda tetapi tetap satu)"demikian juga dengan jenis-jenis kopi yang tercipta unik akibat sebuah kondisi dan tangan kreatif pencinta kopi di Nusantara Indonesia.
www.seputarpertanian.com
Keanekaragam macam-macam kopi di Nusantra tidak terlepas dari sejarah penyebaran kopi di nusantara Indonesia dan hasil kreatif pencipta kopi menjadikan kopi-kopi tersebut mempunyai keunikan tersendiri. Kopi merupakan salah satu komoditi ekspor andalan Indonesia,dan saat ini negara Indonesia menempati urutan ke-3 dunia setelah negara Vietnam, ada berbagai jenis-jenis kopi komersial seperti kopi arabika,kopi robusta dan kopi luwak yang mewarnai segala aktifitas kita dari semua kalangan.



MACAM-MACAM KOPI UNIK DI NUSANTARA INDONESIA.

KOPI JOSS.

Asal-asul kopi joss atau kopi arang berasal dari kota pendidikan yakni kota Yogyakarta,di angkringan Lik-man sebuah gerobak berisi jajanan ala pedesaan kopi tersebut kopi joss diciptakan.













KOPI KAWA.
Asal-asul kopi kawa berasal dari daerah Nagari Tabek, Kecamatan: Selimpaung, Kabupaten:Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Kopi kawa yaitu mengolah daun kopi seperti mengolah daun teh konsumsi dan disajikan dengan batok kelapa. konon kopi kawa daun terlahir dari zaman penjajahan kolonial yang mewajibkan rakyat pribumi untuk menanam kopi di halaman rumah kemudian mengambil biji kopi sacara paksa dan tanpa sisa.












KOPI MANGGAR.
Asal-usul kopi manggar berasal dari Kabupaten Belitung Timur,kopi manggar termasuk jenis robusta unik nya kopi ini adalah cara pembuatannya kopi dimasukan kedalam saringan yang diletakan diatas ceret,kemudian air panas yang telah panas mendidih dituangkan ke dalam ceret yang telah diberi saringan di atasnya. Kopi hasil saringan diaduk dan dipindahkan ke dalam ceret yang berbeda lalu disaring sekali lagi,hasil dari penyaringan tersebut kemudian dituangkan ke dalam gelas.



KOPI IJOO.
Asal-usul Kopi ijo (Hijau) berasal dari Tulunggung, Jawa Timur. Kopi ijo (hijau)adalah kopi hitam yang dicampur dengan kacang hijau dan rempah-rempah khusus yang diramu sehingga menghasilkan kopi dengan cita rasa yang nikmat khas tulungagung. 












Semoga Bermanfaat dan Berguna.
Salam Pertanian.


BACK


0 Response to "Kopi Unik Khas Nusantara Indonesia"

Post a Comment